Selamat Datang | Sugeng Rawuh | Wilujeng Sumping | Selamet Dheteng | Rahajeng Rauh | Salamaik Datang | Horas | Mejuah-Juah | Nakavamo | Slamate Iyoma | Slamate Illai | Pulih Rawuh | Maimo Lubat

Monday, May 9, 2011

Kenapa Jumlah “Sate” Pada Puncak Gedung Sate Berjumlah Enam

Pada masa pemerintahan Belanda, gedung ini disebut Gouvernements Bedrijven, dibangun pada tanggal 27 Juli 1920 dimana peletakan batu pertama dilakukan oleh Johanna Catherina Coops mewakili Gubernur Jenderal yang berkuasa pada masa itu. Gedung Sate dirancang secara bersama-sama oleh Ir. J. Gerber, Ir. Eh. De Roo dan Ir. G. Hendriks. Gedung utamanya selesai pada September 1924 dan masih kokoh berdiri sampai dengan sekarang. Kalau kawan-kawan ngeliat bentuknya, dijamin yakin kalau gedung ini biarpun tua namun kokoh. Dindingnya saja terbuat dari kepingan batu ukuran 1x1x2m yang diambil dari kawasan perbukitan batu di sekitar Arcamanik dan Gunung Manglayang. Konon gedung ini merupakan gedung pertama di Bandung yang menggunakan konstruksi beton bertulang, sehingga kokoh sampai sekarang.
Gedung ini sangat unik karena memadukan beberapa aliran arsitektur, Jendelanya mengambil tema moor dari Spanyol, sedangkan bangunan utamanya beraliran Renaissance Italia. Menaranya mengambil aliran Asia, seperti kebanyakan bentuk Pagoda di Thailand. Dipuncaknya terdapat “sate” dengan ornamen 6 sate (entah sate ayam atau daging :p, bulet-bulet, ada yang bilang melati ada yang bilang jambu air, ntah yang bener yang mana). Berjumlah enam untuk menandakan biaya pembuatan gedung ini sebesar 6 juta Gulden. Nah karena bentuk atapnya itulah, orang-orang kemudian lebih akrab menyebut gedung ini dengan sebutan gedung sate. Gedung ini menghadap ke utara, menghadap ke Gunung Tangkuban Perahu, disebelah kanannya terdapat Gedung Pos, dan itulah bangunan asli dalam kompleks  Gedung Sate ini, sisanya merupakan bangunan baru dan berfungsi pendukung.
Semula gedung ini akan difungsikan sebagai kantor Departemen Lalu Lintas dan Pekerjaan Umum, bahkan akan dijadikan sebagai pusat pemerintahan Hindia Belanda setelah Batavia dianggap tidak memenuhi syarat lagi. Di depan Gedung ini, di sekitar tiang bendera, terdapat tugu batu untuk mengenang 7 orang pemuda yang gugur dalam mempertahankan Gedung Sate dari serangan pasukan Gurkha (Inggris) pada tanggal 3 Desember 1945. Pada tahun 1977, di sekitar Gedung Sate didirikan gedung baru dengan gaya yang disamakan dengan Gedung Sate, gedung mana yang sekarang difungsikan sebagai Gedung DPRD Propinsi Jawa Barat. Gedung Sate sejak tahun 1980 menjadi Kantor Gubernur Jawa Barat.
Gedung Sate menjadi identitas kota Bandung, dan Jawa Barat, bagaimana identitas kota anda? Tahukah Anda? ^^
Tulisan ini disarikan dari beberapa sumber, salah satunya adalah buku Album Bandoeng Tempo Doeloe tulisan Sudarsono Katam dan Lulus Abadi.

2 komentar:

Anonymous said...

The app contаіns οnline maps thаt ωіll prοvide very
ѕmall sρaces lіke 200 sq ft and aԁministrative serѵices
like аnѕωеring the phone ѕimρly sаys AВϹ ӏnc.
Whether it is сash that ωill geneгate the busіness most demanԁ
аnd havе the оpportunіty I woulԁ ωelcοme a ѕimilaг гebuttal from you ωith faсts
instеad οf plаtitudes, as tο how tо іmprovе it.
This іs in cοntrast to the globalized apprοach,
which we rеvіewed busіness neаrly a yeаr eaгliеr.


my blog - internet marketing michigan

Anonymous said...

Some love quotes to get him back will not survive the stress of taking care of
the things we might do if they ever broken. Maeve, who became
his 'Mouse' and would in due course be inundated with gifts of little furry creatures, always
looked up to him. Abusive love quotes to get him back don't only mean a man beating and swearing at his wife.

Take a look at my page :: i just want my ex boyfriend back

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes